Sabtu, 31 Juli 2010

CLUB BOLA TERBAIK

MANCHESTER UNITED

• Nama Lengkap : Manchester United
• Julukan : The Red Devils (Setan Merah)
• Didirikan : 1878, Sebagai Newton Heath
• Lapangan : Old Trafford, Manchester
• Kapasitas Lapangan : 76.000
• Ketua : Joel dan Avram Glazer
• Manajer : Sir Alex Ferguson
• Liga : Liga Utama Inggris
Manchester United F.C. (biasa disingkat Man Utd, Man United atau hanya MU, dibaca men yunaitid) adalah sebuah klub sepak bola Inggris yang berbasis di Old Trafford, Manchester.

Dibentuk sebagai Newton Heath LYR F.C. pada 1878 sebagai tim sepak bola depot Perusahaan Kereta Api Lancashire dan Yorkshire Railway di Newton Heath, namanya berganti menjadi Manchester United pada 1902.

Meski sejak dulu telah termasuk salah satu tim terkuat di Inggris, barulah sejak 1993 Manchester United meraih dominasi yang besar di kejuaraan domestik di bawah arahan Sir Alex Ferguson - dominasi dengan skala yang tidak terlihat sejak berakhirnya era Liverpool F.C. pada pertengahan 1970-an dan awal 1980-an. Sejak bergulirnya era Premiership di tahun 1992, Manchester United adalah tim yang paling sukses dengan delapan kali merebut tropi juara.

Meskipun sukses di kompetisi domestik, kesuksesan tersebut masih sulit diulangi di kejuaraan Eropa; mereka hanya pernah meraih juara di Liga Champions tiga kali sepanjang sejarahnya (1968, 1999, 2008).

MU menjadi salah satu klub paling sukses di Inggris; sejak musim 86-87, mereka telah meraih 20 trofi besar - jumlah ini merupakan yang terbanyak di antara klub-klub Liga Utama Inggris. Mereka telah memenangi 17 trofi juara Liga Utama Inggris. Pada tahun 1968, mereka menjadi tim Inggris pertama yang berhasil memenangi Liga Champions Eropa, setelah mengalahkan S.L. Benfica 4–1, dan mereka memenangi Liga Champions Eropa untuk kedua kalinya pada tahun 1999 dan sekali lagi pada tahun 2008 setelah mengalahkan Chelsea F.C. di final. Mereka juga memegang rekor memenangi Piala FA sebanyak 11 kali.[1]

Pada 12 Mei 2005, pengusaha Amerika Serikat Malcolm Glazer menjadi pemilik klub dengan membeli mayoritas saham yang bernilai £800 juta (US$1,47 milyar) seiring dengan banyaknya protes dari para pendukung fanatik.

Sejarah Manchester United:

Periode awal (1878-1945)

MANCHESTER United dibentuk pada tahun 1878 dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club (Newton Heath LYR F.C.) oleh para pekerja rel kereta api di Newton Heath.

Mereka bermain di sebuah lapangan kecil di North Road, dekat stasiun kereta api Piccadilly Manchester selama lima belas tahun, sebelum pindah ke Bank Street di kota dekat Clayton pada 1893. Tim sudah menjadi anggota Football League setahun sebelumnya dan mulai memutuskan hubungannya dengan stasiun kereta api, untuk menjadi sebuah perusahaan mandiri, mengangkat seorang sekretaris dan membuang nama belakang "LYR" sehingga menjadi Newton Heath F.C saja.

Tahun 1902 tim nyaris bangkrut, dengan utang lebih dari £2500 dan bahkan lapangan Bank Street mereka pun telah ditutup. Hanya beberapa saat sebelum klub diputuskan untuk dibubarkan, klub tiba-tiba mendapatkan suntikan dana dari J.H. Davies, direktur sebuah perusahaan bir Manchester Breweries. Ceritanya adalah sang kapten tim, Harry Stafford, memamerkan anjingnya pada acara pengumpulan dana untuk klub. Anjing berjenis St. Bernard itu ditaksir oleh Davies dan ia ingin membelinya.

Tawaran itu ditolak Stafford dan sebagai gantinya ia menawarkan Davies untuk menginvestasikan uangnya pada klub sepakbolanya sekaligus menjadi chairman Newton Heath FC. Tawaran itu diterima dan selamatlah Newton Heath dari kebangkrutan. Setelah itu diadakanlah sebuah rapat untuk mengganti nama klub untuk menandai awal kebangkitan klub. Nama ‘Manchester Central' dan ‘Manchester Celtic' mencuat untuk menjadi kandidat kuat nama baru sebelum Louis Rocca, seorang anak muda imigran Italia, berkata "Bapak-bapak, mengapa tidak kita pakai nama Manchester United?"

Nama yang diusulkan Rocca disetujui dan secara resmi mulai dipakai pada 26 April 1902. Davies sang chairman baru, juga memutuskan untuk mengganti warna tim dari hijau keemasan menjadi merah-putih sebagai warna Manchester United.

Mereka kemudian berpromosi ke Divisi Satu setelah finis diurutan dua Divisi Dua musim 1905-06. Musim pertama mereka di Divisi Satu berakhir kurang baik, mereka menempati urutan 8 klasmen. Akhirnya mereka memenangkan gelar liga pertamanya pada tahun 1908. Manchester City sedang diselidiki karena menggaji pemain diatas regulasi yang ditetapkan FA. Mereka didenda £250 dan delapan belas pemain mereka dihukum tidak boleh bermain untuk mereka lagi. United dengan cepat mengambil kesempatan dari situasi ini, merekrut Billy Meredith dan Sandy Turnbull, dan lainnya. Pemain baru ini tidak boleh bermain dahulu sebelum tahun Baru 1907, akibat dari skors dari FA.

Mereka mulai bermain pada musim 1907-08 dan United membidik gelar juara saat itu. Kemenangan 2-1 atas Sheffield United memulai kemenangan beruntun sepuluh kali United. Namun pada akhirnya, mereka menutup musim itu dengan keunggulan 9 poin dari rival mereka, Aston Villa.

Klub membutuhkan waktu dua tahun untuk membawa trofi lagi, mereka memenangkan trofi Liga Divisi Satu untuk kedua kalinya pada musim 1910-11. United pindah ke lapangan barunya Old Trafford. Mereka memainkan pertandingan pertamanya di Old Trafford pada tanggal 19 Februari 1910 melawan Liverpool, tetapi mereka kalah 4-3. Mereka tidak mendapat trofi lagi pada musim 1911-12, mereka tidak didukung oleh Mangnall lagi karena dia pindah ke Manchester City setelah 10 tahunnya bersama United. Setelah itu, mereka 41 tahun bermain tanpa memenangkan satu trofi pun.

United kembali terdegradasi pada tahun 1922 setelah sepuluh tahun bermain di Divisi Satu. Mereka naik divisi lagi tahun 1925, tetapi kesulitan untuk masuk jajaran papan atas liga Divisi Satu dan mereka turun divisi lagi pada tahun 1931. United meraih mencapaian terendah sepanjang sejarahnya yaitu posisi 20 klasemen Divisi Dua 1934. kekuatan mereka kembali ketika musim 1938-39.

Era Busby (1945-1969)

Pada tahun 1945, Matt Busby ditunjuk menjadi manager dari tim yang berbasis di Old Trafford ini. Dia meminta sesuatu yang tidak biasa pada pekerjaannya, seperti menunujuk tim sendiri, memilih pemain yang akan direkrut sendiri dan menentukan jadwal latihan para pemain sendiri. Dia telah kehilangan lowongan manager di klub lain, Liverpool F.C., karena pekerjaan yang diinginkannya itu dirasa petinggi Liverpool adalah pekerjaan seorang direktur, tetapi United memberikan kesempatan untuk ide inovatifnya.

Pertama, Busby tidak merekrut pemain, melainkan seorang asisten manager yang bernama Jimmy Murphy. Keputusan menunjuk Busby sebagai manager merupakan keputusan yang sangat tepat, Busby membayar kepercayaan pengurus dengan mengantar United ke posisi kedua liga pada tahun 1947, 1948 and 1949 dan memenangkan Piala FA tahun 1948. Stan Pearson, Jack Rowley, Allenby Chilton, dan Charlie Mitten memiliki andil yang besar dalam pencapaian United ini.

Charlie Mitten pulang ke Colombia untuk mencari bayaran yang lebih baik, tetapi kemampuan pemain senior United lainnya tidak menurun dan mereka kembali meraih gelar Divisi Satu pada 1952. Busby tahu, bahwa tim sepak bola tidak hanya melulu mangandakan pengalaman pemainnya, maka, dia juga berpikir untuk memasukkan beberapa pemain muda. Pertama-tama, pemain muda seperti Roger Byrne, Bill Foulkes, Mark Jones dan Dennis Viollet, membutuhkan waktu untuk menunjukkan permainan terbaik mereka, akibatnya United tergelincir ke posisi 8 pada 1953, tetapi tim kembali memenangkan liga tahun 1956 dengan tim yang usia rata-rata pemainnya hanya 22 tahun, mencetak 103 gol.

Kebijakan tentang pemain muda ini mengantarkannya menjadi salah satu manager yang paling sukses menangani Manchester United (pertengahan 1950-an, pertengahan akhir 1960-an dan 1990-an). Busby mempunyai pemain bertalenta tinggi yang bernama Duncan Edwards. Pemuda asal Dudley, West Midlands memainkan debutnya pada umur 16 tahun di 1953. Edwards dikatakan dapat bermain disegala posisi dan banyak yang melihatnya bermain mengatakan bahwa dia adalah pemain terbaik. Musim berikutnya, 1956-57, mereka menang liga kembali dan mencapai final Piala FA, kalah dari Aston Villa.

Mereka menjadi tim Inggris pertama yang ikut serta dalam kompetisi Piala Champions Eropa, atas kebijakan FA. Musim lalu, FA membatalkan hak Chelsea untuk tampil di Piala Champions. United dapat mencapai babak semi-final dan kemudian dikandaskan Real Madrid. Dalam perjalanannya ke semi-final, United juga mencatatkan kemenangan yang tetap menunjukkan bahwa mereka adalah tim besar, mengalahkan tim juara Belgia Anderlecht 10-0 di Maine Road.

Tragedi Munich 1958

Tragedi terjadi pada musim berikutnya, ketika pesawat yang membawa tim pulang dari pertandingan Piala Champions Eropa mengalami kecelakaan saat mendarat di Munich, Jerman, untuk mengisi bahan bakar. Tragedi Munich tanggal 6 Februari 1958 itu merenggut nyawa 8 pemain tim - Geoff Bent, Roger Byrne, Eddie Colman, Duncan Edwards, Mark Jones, David Pegg, Tommy Taylor dan Liam "Billy" Whelan - dan 15 penumpang lainnya, termasuk beberapa staf United, Walter Crickmer, Bert Whalley dan Tom Curry. Terjadi 2 kali pendaratan sebelum yang ketiga terjadi kesalahan fatal, yang disebabkan tidak stabilnya kecepatan pesawat karena adanya lumpur.

Penjaga gawang United Harry Gregg mempertahankan kesadaran saat kecelakaan itu dan dibawah ketakutan pesawat akan meledak, menyelamatkan Bobby Charlton and Dennis Viollet dengan mengencangkan sabuk pengamannya. Tujuh pemain United menginggal dunia di tempat sedangkan Duncan Edwards tewas ketika perjalanan menuju rumah sakit. Sayap kanan Johnny Berry juga selamat dari kecelakaan itu, tetapi cedera membuat karir sepak bolanya berakhir cepat. Dokter Munich mengatakan bahwa Matt Busby tidak memiliki banyak harapan, namun ia pulih dengan ajaibnya dan akhirnya keluar dari rumah sakit setelah dua bulan dirawat di rumah sakit.

Ada rumor bahwa tim akan mengundurkan diri dari kompetisi, namun ketika Jimmy Murphy mengambil alih posisi manager ketika Busby dirawat di rumah sakit, klub melanjutkan kompetisinya. Meskipun kehilangan banyak pemain, mereka bisa mencapai final Piala FA 1958, dimana mereka kalah dari Bolton Wanderers. Akhir musim, UEFA menawarkan FA untuk dapat mengirimkan United dan juara liga Wolverhampton Wanderers untuk berpartisipasi di Piala Champions untuk penghargaan kepada para korban kecelakaan, namun FA menolak. United menekan Wolves pada musim berikutnya dan menyelesaikan liga di posisi kedua klasemen; tidak buruk untuk sebuah tim yang kehilangan sembilan pemain akibat Tragedi Munich.

Busby membangun kembali tim di awal dekade 60-an, membeli pemain seperti Denis Law dan Pat Crerand. Mungkin orang yang paling terkenal dari sejumlah pemain muda ini adalah pemuda Belfast yang bernama George Best. Best memiliki keatletikkan yang sangat langka. Tim memenangkan Piala FA tahun 1963, walaupun hanya finis diurutan 19 Divisi Satu. Keberhasilan di Piala FA membuat pemain menjadi termotivasi dan membuat klub terangkat pada posisi kedua liga tahun 1964, dan memenangkan liga tahun 1965 dan 1967. United memenangkan Piala Champions Eropa 1968, mengalahkan tim asuhan Eusébio SL Benfica 4-1 dipertandingan final, menjadi tim Inggis pertama yang memenagkan kompetisi ini. Tim United saat itu memiliki Pemain Terbaik Eropa, yaitu: Bobby Charlton, Denis Law and George Best. Matt Busby mengundurkan diri pada tahun 1969 dan digantikan oleh pelatih tim cadangan, Wilf McGuinness.

Masa sulit (1969-1986)

United mengalami masa-masa sulit ketika ditangani Wilf McGuinness, selesai diurutan delapan liga pada musim 1969-70. Kemudian dia mengawali musim 1970-71 dengan buruk, sehingga McGuinness kembali turun jabatan menjadi pelatih tim cadangan. Busby kembali melatih United, walaupun hanya 6 bulan. Dibawah asuhan Busby, United mendapat hasil yang lebih baik, namun pada akhirnya ia meninggalkan klub pada tahun 1971. Dalam waktu itu, United kehilangan beberapa pemain kuncinya seperti Nobby Stiles dan Pat Crerand.

Manager Celtic yang berhasil membawa Piala Champions ke Glasgow, Jock Stein, ditunjuk untuk mengisi posisi manager - Stein telah menyetujui kontrak secara verbal dengan United, tetapi membatalkannya - . Frank O'Farrell ditunjuk sebagai suksesor Busby. Seperti McGuinness, O'Farrell tidak bertahan lebih dari 18 bulan, bedanya hanya O'Farrell bereaksi untuk menanggulangi penampilan buruk dari United dengan membawa muka baru ke dalam klub, yang paling nyata adalah direkrutnya Martin Buchan dari Aberdeen seharga £125,000.

Tommy Docherty menjadi manager diakhir 1972. Docherty, atau "Doc", menyelamatkan United dari degradasi namun United terdegradasi pada 1974, yang saat itu trio Best, Law and Charlton telah meninggalkan klub. Denis Law pindah ke Manchester City pada musim panas tahun 1973. Pemain seperti Lou Macari, Stewart Houston dan Brian Greenhoff direkrut untuk menggantikan Best, Law and Charlton, namun tidak menghasilkan apa-apa.

Tim meraih promosi pada tahun pertamanya di Divisi Dua, dengan peran besar pemain muda berbakat Steve Coppell yang bermain baik pada musim pertamanya bersama United, bergabung dari Tranmere Rovers. United mencapai Final Piala FA tahun 1976, tetapi mereka dikalahkan Southampton. Mereka mencapai final lagi tahun 1977 dan mengalahkan Liverpool 2-1. Didalam kesuksesan ini, Docherty dipecat karena diketahui memiliki hubungan dengan istri fisioterapi.

Dave Sexton menggantikan Docherty di musim panas 1977 dan membuat tim bermain lebih defensif. Gaya bermain ini tidak disukai suporter, mereka lebih menyukai gaya menyerang Docherty dan Busby. Beberapa pemain dibeli Sexton seperti Joe Jordan, Gordon McQueen, Gary Bailey dan Ray Wilkins, namun tidak dapat mengangkat United menembus ke papan atas, hanya sekali finis diurutan kedua, dan hanya sekali lolos ke babak final Piala FA, dikalahkan Arsenal. Karena tidak meraih gelar, Sexton dipecat pada tahun 1981, walaupun ia memenangkan 7 pertandingan terakhirnya.

Dia digantikan manager flamboyan Ron Atkinson. Atkinson langsung memecahkan rekor transfer di Inggris dengan pembelian gelandang Bryan Robson dari West Brom. Robson disebut-sebut merupakan pemain tengah terbaik sepeninggal Duncan Edwards. Tim Atkinson memiliki pemain baru seperti Jesper Olsen, Paul McGrath dan Gordon Strachan yang bermain bersama Norman Whiteside dan Mark Hughes. United memenangkan Piala FA 2 kali dalam 3 tahun, pada 1983 dan 1985, dan diunggulkan untuk memenangkan liga musim 1985-86 setelah memenangkan 10 pertandingan liga pertamanya, membuka jarak 10 poin dengan saingan terdekatnya sampai Oktober 1986.

Penampilan United kemudian menjadi buruk dan United mengakhiri musim di urutan 4 klasemen. Hasil buruk United terus berlanjut sampai akhir musim dan dengan hasil yang buruk yaitu diujung batas degradasi, pada November 1986, Atkinson dipecat.

Era Alex Ferguson ( 1986-sekarang )

Sebelum Treble ( 1986-1998 )

Alex Ferguson (inset kiri) datang dari Aberdeen untuk menggantikan Atkinson dan mengantarkan klub meraih posisi 11. Musim berikutnya yaitu musim 1987-88, United menyelesaikan liga di posisi kedua, dengan Brian McClair yang menjadi pencetak 20 gol liga setelah George Best.

United mengalami masa sulit 2 musim berikutnya. Dengan pembelian pemain yang cukup banyak, Ferguson tidak dapat memenuhi harapan suporter. Alex Ferguson telah berada dalam bahaya pemecatan pada awal 1990, tetapi sebuah gol dari Mark Robins membawa United menang 1-0 atas Nottingham Forest dibabak ketiga Piala FA. Ini membuat Ferguson terselamatkan dan pada akhirnya United memenangkan Piala FA, setelah mengalahkan Crystal Palace di partai ulang babak final. United memenangkan Winners' Cup Eropa di 1990-91, mengalahkan juara Spanyol musim itu, Barcelona di final, tetapi mengecewakan di musim berikutnya karena di liga mereka kalah dari saingannya waktu itu, Leeds United.

Kedatangan Eric Cantona (inset kanan) dari Leeds United di November 1992 merupakan sebuah langkah krusial United saat itu. Cantona cepat beradaptasi bersama pemain bertalenta hebat lain, seperti Gary Pallister, Denis Irwin, Paul Ince serta bintang baru yang mulai bersinar, Ryan Giggs. Mereka mengakhiri musim 1992-1993 sebagai juara untuk pertama kalinya sejak 1967. Tahun berikutnya, musim 1993-1994 mereka memenangkan liga dan Piala FA untuk melengkapi Double mereka yang sedikit banyak terbantu pula oleh pembelian Roy Keane, gelandang dengan determinasi hebat, dari Nottingham Forest. Pada 20 Januari 1994, United bersedih karena legenda dan presiden klub, Matt Busby, meninggal.

Musim 1994-1995, Cantona yang emosional mendapatkan sangsi skors 8 bulan karena menendang seorang suporter Crystal Palace yang mengejeknya saat laga. Musim itu United hanya menjadi runner up baik di liga maupun di Piala FA. Awal musim berikutnya, Ferguson membuat berang fans United dengan penjualan pemain-pemain kunci untuk digantikan dengan sederetan anak-anak muda hasil binaan klub seperti David Beckham, Gary Neville, Phil Neville dan Paul Scholes. Seorang jurnalis televisi terkenal, Alan Hansen, sempat berujar " Anda tidak akan pernah dapat memenangkan sesuatu dengan anak-anak muda". Kenyataannya, anak-anak muda Ferguson tersebut justru tampil mengkilap bagi United dan bahkan terpilih masuk tim nasional Inggris. Hebatnya, United mendapatkan Double nya lagi di musim 1995-1996, ini adalah kali pertama sebuah klub Inggris bisa dalam 2 tahun berurutan mendapatkan gelar ganda, yang kemudian muncul istilah "Double Double".

Mereka memenangkan lagi liga Premier musim 1996-97 dan Eric Cantona menyatakan pensiun dari sepak bola profesional pada usia 30. Mereka mengawali musim 1997-98 dengan baik, tetapi mengakhiri liga pada posisi dua klasemen, dibawah pemenang dua gelar, Arsenal.
Saat Treble (1998-1999)

Musim 1998-1999 Manchester United bukan hanya musim yang paling sukses dalam sejarah United tetapi juga dalam sejarah semua klub Inggris. United memenangkan Treble - juara liga Premier, juara Piala FA dan juara Liga Champions Eropa dalam satu musim. United berhasil memenangkan liga pada pertandingan terakhir melawan Tottenham Hotspur dengan skor 2-1, ketika Arsenal menang 1-0 atas Aston Villa. Memenangkan liga Premier disebut Ferguson adalah bagian yang tersulit. Piala FA mereka rengkuh setelah di final menghantam Newcastle dengan skor 2-0. Pada pertandingan terakhir mereka musim itu, pertandingan Final Liga Champions Eropa 1999, mereka mengalahkan Bayern Munich, pertandingan tersebut disebut-sebut sebagai comeback terbaik yang pernah ada, ketinggalan 0-1 sampai dengan injury time dan mencetak gol dua kali di menit-menit terakhir untuk memastikan kemenangan dramatis 2-1. Manchester United juga memenangkan Piala Interkontinental (Piala Dunia Antar Klub) setelah mengalahkan Palmeiras 1-0 di Tokyo.

Setelah Treble (1999-sekarang)

United memenangkan liga tahun 2000 dan 2001, tetapi mereka gagal meraih kembali trofi kompetisi Eropa. Pada tahun 2000, Manchester United menjadi salah satu dari 14 pendiri kelompok G-14. Ferguson mengadopsi gaya permainan bertahan dan tetap gagal di kompetisi Eropa dan United menyelesaikan liga pada urutan ketiga klasemen. Mereka meraih kembali gelar liga musim berikutnya dan memulai musim dengan sangat baik, namun penampilan mereka memburuk ketika Rio Ferdinand menerima skorsing 8 bulan karena gagal dalam tes doping. Tahun 2004, mereka memenangkan Piala FA, setelah mengalahkan Millwall.

Musim 2004-05, produktivitas gol United berkurang, yang disebabkan oleh cederanya Ruud van Nistelrooy dan United menyelesaikan musim tanpa meraih satu gelar pun. Kali ini, Piala FA dimenangkan oleh Arsenal yang mengalahkan United melalui adu penalti. Di luar lapangan, cerita utamanya adalah kemungkinan klub diambil alih oleh pihak luar dan pada akhir musim, Malcolm Glazer, seorang pengusaha asal Amerika Serikat yang juga pemilik klub American football NFL Tampa Bay Bucaneers, telah memiliki kepemilikan United.

United melakukan awal buruk pada musim 2005-06, Roy Keane pergi untuk bergabung dengan Celtic setelah ia mengkritik pemain United lainnya yang ia rasa tampil tanpa loyalitas dan determinasi. MU kemudian gagal melewati babak knock-out Liga Champions untuk pertama kalinya selama satu dekade setelah kalah dari tim asal Portugal, Benfica. Musim ini adalah musim yang buruk bagi United karena pemain kunci mereka seperti, Gabriel Heinze, Alan Smith, Ryan Giggs dan Paul Scholes cedera. Mereka hanya meraih satu gelar musim itu, Piala Liga, mengalahkan tim promosi Wigan Athletic dengan skor 4-0. United memastikan tempat di urutan kedua klasemen liga dan lolos otomatis ke Liga Champions setelah mengalahkan Charlton Athletic 4-0. Akhir musim 2005-06, satu dari penyerang kunci, Ruud van Nistelrooy, meninggalkan klub dan bergabung dengan Real Madrid, karena hubungannya dengan Alex Ferguson retak.

Musim 2006-07 Ferguson mulai memperlihatkan lagi gaya permainan United yang menyerang seperti pada dekade 90-an, mencetak 20 gol lebih di 32 pertandingan. Pada Januari 2007, United mendapatkan Henrik Larsson dengan status pinjaman selama 2 bulan dari Helsingborgs, dan pemain itu memiliki peran penting dalam pencapaian United di Liga Champions, dengan harapan meraih Treble kedua; namun setelah mencapai babak semi-final, United kalah dari A.C. Milan 3-5(agregat).

Dalam perayaan ke-50 keikutsertaan Manchester United dalam kompetisi Eropa, dan juga perayaan ke-50 dari Treaty of Rome, Manchester United bertanding melawan Marcello Lippi dan tim Eropa XI di Old Trafford pada 13 Maret 2007. United memenangkan pertandingan 4-3.

Empat tahun setelah gelar terakhir mereka, United meraih kembali gelar juara liga pada 6 Mei 2007, setelah Chelsea bermain imbang dengan Arsenal, meninggalkan the Blues tujuh poin dibelakang dengan menyisakan 2 pertandingan, diikuti kemenangan United 1-0 dalam derby Manchester hari sebelumnya, mengantarkan United ke gelar kesembilan Premiership-nya dalam 15 tahun eksistensinya. Namun, mereka tidak dapat mencapai double keempat mereka, karena Chelsea mengalahkan United 1-0 di final Piala FA 2007 yang berlangsung di Stadion Wembley yang baru.

Pada 11 Mei 2008, United kembali meraih gelar liga setelah mengalahkan Wigan 2-0 di pertandingan terakhir untuk memastikan gelar tersebut, disusul gelar Liga Champion pada tanggal 21 Mei 2008 yang diraih dengan mengalahkan Chelsea 6-5 di final melalui adu penalti setelah bermain seri 1-1.

Kiper
Nama Lengkap : Iker Casillas Fernandez
Tempat Lahir : Madrid, Spanyol
Tanggal Lahir : 20 Mei 1981
Kebangsaan : Spanyol
Posisi : Kiper
Bermain di Klub : Real Madrid

Penjaga gawang Real Madrid, Iker Casillas, lahir di Madrid, Spanyol, pada 20 Mei 1981 (28 tahun) dan telah menjadi penjaga gawang utama Madrid sejak tahun 1999 menggantikan kiper senior asal Jerman, Bodo Illgner.

Pada final Liga Champions tahun 2000, Casillas menjadi kiper paling muda yang tampil di final kejuaraan antar klub paling bergengsi di Benua Biru. Saat Real Madrid menang 3-0 atas Valencia, Casillas masih berusia 19 tahun.

Peran Casillas di Real Madrid semakin tak tergantikan ketika pada bulan Februari 2008 menandatangani kontrak jangka panjang hingga 2017 dengan klausul pembelian seharga 128 juta poundsterling.

Prestasi

Bersama Real Madrid
- La Liga: 2000-01, 2002-03, 2006-07, 2007-08
- Piala Super Spanyol: 2001, 2003, 2008.
- Liga Champions: 1999-00, 2001-02
- Piala Super Eropa: 2002
- Piala Interkontinental: 2002

Tim nasional
- Piala Eropa U-15: 1995
- Piala Eropa U-17: 1997
- Piala Meridian: 1999
- Piala Dunia Junior: 1999
- Piala Eropa: 2008

Gelar pribadi
- Bravo Award: 2000
- Premio Don Balón (Young Player in La Liga): 1999-00
- UEFA Team of the Year: 2007, 2008 2009
-ESM Team of the Year: 2007-08
- Zamora Trophy: 2007-08
- ESM Team of the Month: April-May 2000, January 2001, May 2002, February-March 2004, October-December 2007, January 2008, April 2008
- UEFA Euro 2008 Team of the Tournament
- FIFPro World XI: 2007-08
- IFFHS Best Goalkeeper: 2008
- FIFA.com Team of the Year: 2008

Kiper
Nama Lengkap : Gianluigi Buffon
Tempat Lahir : Carrara, Italia
Tanggal Lahir : 28 Januari 1978
Kebangsaan : Italia
Posisi : Kiper
Bermain di Klub : Juventus

Gianluigi Buffon, lahir pada tanggal 28 Januari 1978 di Carrara, Italia. Pemain berkebangsaan Italia ini menempati posisi sebagai kiper.

Pada usia 17 tahun, Buffon membuat debut di Liga Italia Serie A bersama Parma A.C. dalam laga melawan A.C. pada tanggal 19 November 1995 yang berakhir dengan skor akhir 0-0. Dalam musim keempatnya bersama Parma, dia berhasil mempersembahkan gelar juara Piala UEFA. Dia pindah ke Juventus pada tahun 2001, yang saat itu menjadi rekor transfer termahal bagi seorang kiper dengan jumlah sebesar 52 juta Euro. Buffon sebenarnya hampir bergabung dengan A.S. Roma pada saat itu, tetapi presiden klub, Franco Sensi, lebih memilih kiper Atalanta B.C, Ivan Pelizzoli.

Pada tahun 2003, dia menerima penghargaan sebagai UEFA Most Valuable Player dan Kiper Terbaik. Pada tanggal 12 Mei 2006, Buffon bersama rekannya Antonio Chimenti dan beberapa pemain lainnya dituduh ikut berperan dalam judi ilegal pada pertandingan Liga Serie A ketika dia masih memperkuat Parma. Di depan hakim di Turin, dia mengakui memang memasang taruhan olahraga (sebelum peraturan tahun 2005 melarang pemain untuk melakukannya). Tetapi dia menolak keras kalau telah memasang taruhan di pertandingan Liga Italia. Saat itu berkembang ketakutan, kalau hal itu akan membunuh kesempatannya bermain di Piala Dunia 2006, tetapi secara resmi dia ditunjuk sebagai kiper utama pada tanggal 15 Mei 2006. Akhirnya dia dibersihkan dari semua tuduhan oleh FIGC pada tanggal 27 Juni 2007.

Akibat skandal Calciopoli yang menimpa Juventus, dikabarkan Buffon akan dijual. Tetapi Buffon memutuskan untuk tetap bertahan walau dikabarkan dia menerima tawaran dari AC Milan.

Buffon memulai debut pertamanya di tim nasional Italia di usia 19 tahun. Saat itu dia menjadi pemain pengganti dari Gianluca Pagliuca ketika laga playoff melawan Rusia dari babak kualifikasi Piala Dunia 1998. Dia berhasil membukukan 5 kali clean sheet dalam waktu 453 menit tanpa kebobolan di Piala Dunia 2006.

Defender/Leftback
Nama Lengkap : Alessandro Nesta
Tempat Lahir : Roma, Italia
Tanggal Lahir : 19 Maret 1976
Kebangsaan : Italia
Posisi : Bek
Bermain di Klub : AC Milan

Alessandro Nesta, lahir di Roma 19 Maret 1976, dianggap sebagai salah satu bek terbaik dunia, dengan empat kali masuk dalam skuad Tim Terbaik Eropa pilihan UEFA.

Nesta dibesarkan di area Cinecitta di kota Roma, mengenal sepak bola kali pertama saat bersekolah di sekolah Margherita Bosco. Karirnya dimulai saat ia masuk klub sepak bola lokal mengikuti jejak kakaknya, Fernando.

Bakat Nesta diamati oleh pemandu bakat AS Roma, Francesco Rocca, tapi ayahnya yang fans Lazio menolak tawaran tersebut. Nesta kemudian bergabung dengan akademi Lazio tahun 1985 di mana ia mencoba semua posisi sebelum akhirnya memutuskan menjadi bek. Karir internasionalnya dimulai saat ia bermain untuk tim Italia U-15 dan U-16.

Tahun 1993 Nesta dipromosikan masuk skuad senior Lazio. Bersama Lazio ia memenangkan Coppa Italia edisi 1998, Piala Winners UEFA dan Piala Super Eropa setahun berikutnya. Sukses tersebut berlanjut saat Lazio memenangkan scudetto dan Coppa Italia di musim 1999-2000, juga dua gelar Piala Super Italia.

Sebelum masuk musim 2002-2003 krisis finasial menerpa Biancoceleste, menyebabkan mereka harus menjual Nesta ke AC Milan dengan nilai transfer sebesar 30 juta euro yang dibayarkan selama 3 tahun. Di musim pertama bersama Rossoneri, Nesta membawa klub meraih gelar Liga Champions 2002-2003 dan juga Coppa Italia. Di musim berikutnya Milan dibantunya meraih scudetto dan Piala Super Eropa.

Meski jarang turun sepanjang musim 2006-2007 akhibat cedera bahu, Nesta menjadi bagian penting dari sukses Milan mencapai final Liga Champions di mana mereka mengalahkan Liverpool 2-1. Di musim ini juga Rossoneri kembali meraih Piala Super Eropa.

Di level internasional, Nesta menjadi bagian dari skuad Italia U-21 yang memenangkan Piala Eropa U-21 tahun 1996. Debut pertama bersama timnas senior adalah pada laga melawan Moldova 5 Oktober 1996. Sejauh ini Nesta memiliki 78 caps bersama Gli Azzurri dan telah bermain pada ajang internasional di antaranya Euro 1996, Piala Dunia 1998, Euro 2000, Piala Dunia 2002, Euro 2004 dan Piala Dunia 2006.

Di pentas Piala Dunia, Nesta memiliki nasib kurang beruntung setelah di tiga edisi penyelenggaraan ia selalu mengalami cedera. Pada edisi 1998 Nesta harus mengalami cedera ligamen lutut kala melawan Austria, dan melewatkan laga terakhir Italia di edisi 2002 akibat cedera kaki.

Puncaknya di Piala Dunia 2006 ia harus pulang lebih awal setelah mengalami cedera kala melawan Republik Ceska di fase grup, membuat Nesta memutuskan gantung sepatu setelah turnamen berakhir.

Nesta menikah dengan tunangannya, Gabriela Pagnozzi pada Mei 2007. Dari pernikahan tersebut mereka dikaruniai anak perempuan, Sofia yang dilahirkan 19 Oktober 2006; serta anak laki laki, Tommaso yang lahir pada 20 Maret 2008.

Defender/Leftback
Nama Lengkap : Rio Gavin Ferdinand
Tempat Lahir : Peckham, London, Inggris
Tanggal Lahir : 07-11-1978
Kebangsaan : Inggris
Posisi : Bek
Bermain di Klub : Manchester United

Rio Ferdinand terlahir dengan nama lengkap Rio Gavin Ferdinand pada 7 November tahun 1978, posisi utamanya adalah seorang center back (bek tengah) dirinya saat ini tercatat sebagai anggota The Red Devils Manchester United, dia juga penghuni tetap bek tengah timnas Inggris tercatat sudah lebih dari 70 kali ia membela The Three Lions.

Ferdinand adalah wakil kapten di timnas Inggris, bersama The Three Lions dia telah tampil tiga kali di pagelaran Piala Dunia. Terkenal dengan posturnya yang kuat memiliki kemampuan menekan lawan yang sempurna menjadi ciri khas gaya bermainnya.

Mengawali karir dari tim junior West Ham dan terus menunjukan bakat yang luar biasa yang dia miliki. Dalam usianya yang muda ia sudah terpangil masuk timnas Inggris dan sempat menjadi rekor pada saat itu.

Kemudian Leeds United membelinya dengan harga 18 Juta Euro menjadikannya sebagai pemain termahal yang pernah dibeli klub tersebut pada tahun 1998 dan pada tahun 2001 dia didaulat sebagai kapten Leeds United.

Kemudian pada tahun 2002 dirinya pindah ke Manchester United dengan transfer senilai 30 Juta Euro dan sekali lagi memecahkan rekor transfer termahal Inggris pada saat itu, dia tercatat sebagai bek termahal di Dunia kala itu.

Di tahun pertamanya ia berhasil menyumbangkan gelar Liga Premier sekaligus gelar pertama yang pernah ia cicipi sebagai seorang pesepakbola. Pada musim 2006-2007 dia berhasil mengantarkan United meraih gelar ganda yakni Liga Premier dan Liga Champions.

Ferdinand memiliki dua orang putra yakni bernama Tate dan Lorenz, dari sang istri yang bernama Rebecca Ellison. Rio terlahir dari keluarga pesepakbola adiknya juga seorang bek yakni Anton Ferdinand juga sepupunya yang telah gantung sepatu striker Les Ferdinand.

Defender/Leftback
Nama Lengkap : Javier Adelmar Zanetti
Tempat Lahir : Buenos Aires, Argentina
Tanggal Lahir : 10 Agustus 1973
Kebangsaan : Argentina
Posisi : Bek
Bermain di Klub : Inter Milan

Javier Adelmar Zanetti lahir pada tanggal 10 Agustus 1973 di Buenos Aires, Argentina. Dia mendapat julukan Pupi di Argentina. Setelah bermain di Italia, Zanetti kembali mendapat julukan, yaitu Il Trattore (The Tractor) karena kekuatan, keuletan, stamina dan kemampuan berlarinya melewati pemain bertahan lawan ketika ikut membantu menyerang dari posisi bek kanannya. Belakangan ini dia juga bermain di posisi pemain tengah kanan.

Setelah ditolak masuk ke tim muda Independiente, Zanetti bergabung dengan Talleres de Remedios de Escalada (tim divisi 2). Tetapi tidak lama kemudian pada tahun 1993 dia pindah ke klub divisi satu Argentina, Banfield. Zanetti yang saat itu masih berumur 20 tahun memulai debutnya pada tanggal 12 September 1993 ketika melawan River Plate. Gol pertamanya terjadi 17 hari kemudian saat melawan Newell's Old Boys yang berakhir dengan kedudukan 1-1. Penampilannya yang menawan membuatnya menjadi incaran klub-klub besar. Pada tahun 1995, dia akhirnya pindah ke Inter menjadi pembelian pertama dari Massimo Moratti.

Debutnya bersama Inter terjadi pada tanggal 27 Agustus 1995 saat melawan Vicenza. Kualitas Zanetti membuatnya menjadi pemain sepak bola yang dihormati. Meski terkadang dia dikritik sebagai pemain yang suka protes saat di lapangan, tetapi dia berhasil menjadi salah satu pemain Inter yang paling konsisten, dapat diandalkan dan bisa dipercaya. Karena itu dia diangkat menjadi kapten tim, dan mendapatkannya dari pemain bertahan legenda Inter, Giuseppe Bergomi.

Zanetti mulai bermain bagi tim nasional Argentina pada tanggal 16 November 1994 melawan Chili. Saat itu Argentina masih dilatih oleh yang saat itu dilatih oleh Daniel Passarella. Sejak saat itu dia menjadi bagian penting dari tim nasional. Namun ada suatu kontroversi, setelah memperkuat timnas selama babak kualifikasi, Zanetti tidak dipanggil untuk memperkuat tim nasional Argentina untuk putara final Piala Dunia 2006 oleh pelatih Jose Pekerman. Pelatih itu lebih memilih memanggil Lionel Scaloni.

Defender/Leftback
Fabio Cannavaro adalah seorang pemain terbaik yang ada di italia, canavaro yang posisinya sebagai seorang bek ini mendapat Penghargaan sebagai pemain sepakbola terbaik dunia, tak ubahnya pemanis diatas kue bagi Fabio Canavaro yang menjadi kapten Italia untuk merebut gelar Piala Dunia Juli setelah menyaksikan mereka kalah pada semi-final 1990 selaku pemungut bola di Napoli. Penghargaan itu terasa lebih berharga bagi Cannavaro dan warga kota di bagian selatan Italia karena dia menjadi pemain belakang pertama yang merebut penghargaan bergengsi itu. Ketika pemain berusia 33 tahun itu meraih penghargaan selaku pemain sepakbola terbaik Eropa tiga pekan lalu, dia mempersembahkannya “untuk Napoli, dalam situasi sulit, dan untuk untuk generasi muda mereka. Mereka harus percaya kepada impian.”
Cannavaro telah membuktikan hal itu.
Saat berusia 16 tahun Cannavaro berkata setelah menyaksikan kekalahan Italia di semi-final lawan Argentina pada 1990, “Saya ingin menjadi pemain sepakbola dan pemenang Piala Dunia.” Cerita lain menyebutkan, Cannavaro saat hari-harinya bersama tim juniornya, malu-malu dalam melakukan tekling terhadap Diego Maradona, yang diperlakukan bagaikan Tuhan di Napoli setelah memimpin mereka pertama kali merebut gelar Seri A pada 1987, satu tahun setelah memenangi Piala Dunia selaku kapten Argentina. “Bagus, Anda sudah melakukannya dengan baik,” kata Maradona kepada pemain remaja itu. Cannavaro berusaha menyamai prestasi Maradona dengan Argentina pada 1986 dengan menjadi kapten Italia ke Piala Dunia 10 tahun kemudian dan Senin bahkan melampaui dia dengan meraih kehormatan sebagai pemain sepakbola terbaik dunia, sebuah penghargaan yang belum diperkenalkan sampai 1991 setelah hari-hari kegemilangan Maradona.

Defender/Leftback
Nama :Paolo Maldini
Posisi :Defender(Belakang)
Klub :Ac Milan
Lahir :26-06-1968,Milano
Tinggi :187 Cm
Berat :79

BIODATA
Nama: Paolo Maldini
Tanggal Lahir: 26-6-68
Palce of Birth : Milan
Tinggi: 1.87 m.
Berat: 85kg
Posisi : Defender/Leftback
Nomor: 3
Zodiac: Cancer
Club : AC Milan (Abadi)
Website : www.maldini.com
Debut club : January 20, 1985 versus Udinese (drew 1-1)
Debut internasional : March 31, 1988 versus Yugoslavia (drew 1-1).
Jumlah penampilan [Italy] : 126

INFORMASI PRIBADI

Actor Favorit: Bruce Wills
Actress Favorit: Jodie Foster
Film Favorit : "Silence of the Lambs"
Penyanyi Favorit : Eros Ramazzotti and Will Smith
Pemain Idola : Roberto Bettega
Mobil : OPEL
Olahraga lain selain sepakbola: Tennis


PRESTASI

4 Italian Champion, 1988, 1992, 1993, 1994
3 Uefa Cup, 1989, 1990, 1994.
3 UEFA Supercup, 1989, 1990, 1995.
2 World Club Cup: 1989, 1990.
World Soccer's World Player of the Year: 1994.
World Cup [2nd place and 3rd place]
European Cup [2nd place]

TENTANG MALDINI
Dalam segala hal Paolo Maldini layak manjadi legenda seperti Franco Baresi. Dia tidak pernah meninggalkan AC Milan selama karirnya dan menjadi kapten tim, pemain ini adalah bakat alam yang diberkahi dengan kemampuan teknis sangat baik dan kualitas fisik yang prima. Maldini adalah milanisti sejati dan ayahnya Cesare merupakan pelatih dari Tim Nasional Italia dan sangat sukses menjadi kapten AC Milan di tahun enam puluhan. Memulai debut dari "Junior", ketika itu ia berusia 16 tahun, ia diturukan ke lapangan oleh Liedholm di Udine dan sejak saat itu, ia menjadi unsur yang sangat diperlukan merah-hitam di line-up. Sebagai seorang bek kiri, ia terampil dan kuat, sebagai bek tengah, Paolo merupakan tembok yang sulit ditaklukkan, Maldini juga sangat efektif maju dan pergerakannya kadang tak terduga ketika ia menyelinap di sisi kiri. Berkat kelas yang paling mumpuni, Maldini segera memulai debut di Tim Nasional. Hampir 19 tahun dan ia di panggil ke lapangan untuk pertandingan pertamanya: 31 Maret 1988, Yugoslavia - Italia 1-1. Sebagai seorang pemain dari Tim Nasional, ia termasuk dalam urutan pertama di Italia '90 dan menempati posisi kedua di USA '94. Maldini, menjadi kapten Tim Nasional pada tahun 2002, dengan 81 caps peringkat ketiga dalam daftar khusus terbaik para pemain Tim Nasional. Tahun 2009 akhirnya ia memutuskan pensiun dari sepakbola. Hingga kini nomor punggungnya di AC Milan nomor 3 belum bertuan, dan sepertinya milan tidak akan memberikan nomor 3 itu kepada siapapun karena sudah banyak sekali jasa Maldini bagi milan.

Gelandang
Nama Lengkap : Ryan Joseph Giggs OBE
Tempat Lahir : Canton, Cardiff, Wales
Tanggal Lahir : 29-11-1973
Kebangsaan : Wales
Posisi : Gelandang
Bermain di Klub : Manchester United

Ryan Joseph Giggs (lahir dengan nama Ryan Joseph Wilson - lahir di Cardiff, Wales, Inggris, 29 November 1973; umur 35 tahun) adalah seorang pemain sepak bola Wales. Ia merupakan salah satu pemain sayap terbaik sepanjang sejarah dan juga dikenal karena loyalitas di Manchester United.

Ayah Ryan bernama Danny Wilson, seorang pemain rugby. Ibunya bernama Lynne. Adiknya, Rhodri Giggs, juga seorang pemain sayap yang bermain untuk FC United of Manchester, sebuah klub non-liga yang didirikan oleh fans yang tidak setuju akan pengambilalihan Manchester United oleh Malcolm Glazer.

Klub Ryan sekarang ini dan satu-satunya sampai sekarang ini adalah Manchester United. Ryan merupakan pemain yang terlama membela klub ini dan merupakan pemain pertama terbanyak tampil untuk MU sepanjang sejarah (805 kali) setelah memecahkan rekor Sir Bobby Charlton (758 kali). Ia sudah bersama MU memenangkan sebelas kali gelar juara liga (mengalahkan rekor yang disandang oleh pemain Liverpool F.C., Alan Hansen dan Phil Neal yaitu sembilan kali), empat gelar FA Cup, dua gelar League Cup dan dua gelar Liga Champions.

Gelandang
Nama Lengkap : Ricardo Izecson dos Santos Leite
Tempat Lahir : Brasilia, Brazil
Tanggal Lahir : 22 April 1982
Kebangsaan : Brazil
Posisi : Gelandang
Bermain di Klub : Real Madrid

Ricardo Izecson dos Santos Leite yang biasa dikenal dengan sebutan Kaka lahir pada tanggal 22 April 1982 di Brasilia, Brasil. Pemain berkebangsaan Brasil ini menempati posisi sebagai gelandang serang dan striker kedua.

Kaka lahir dari pasangan Simone Cristina Santos Leite dan Bosco Izecson Pereira Leite. Adik Kaka, Rodrigo (dikenal dengan Digao), juga seorang pemain sepak bola.

Ketika Kaka berumur 7 tahun dia pindah ke Sao Paulo. Dia dimasukkan ke klub lokal bernama Alphaville. Di sanalah bakatnya diketahui oleh Sao Paulo FC. Pada usia 18 tahun, dia pernah mengalami kecelakaan di kolam renang yang mebahayakan karirnya dan membuatnya terancam lumpuh karena tulang belakangnya retak. Tetapi akhirnya dia sembuh.

Kaka memulai karir klubnya bersama Sao Paulo FC di usia 8 tahun. Dia menandatangi kontrak di usia 15 tahun dan membawa tim muda Sao Paulo menjadi juara Copa de Juvenil. Dia membuat debut pertamanya di tim senior pada bulan Januari 2001 dan membawa Sao Paolo mendapatkan gelar kejuaraan Torneio Rio-Sao Paulo.

Sejak saat itu minat dari klub Eropa bermunculan dan puncaknya Kaka dibeli oleh AC Milan pada tahun 2003 dengan transfer sebesar 8,5 juta Euro. Dalam waktu sebulan saja, dia berhasil menjadi pemain inti. Debut pertamanya terjadi saat kemenangan 2-0 melawan Ancona. Di musim pertama dia mencetak 10 gol dalam 30 kali penampilan dan membawa Milan merebut gelar Scudetto dan Piala Super Eropa.

Pada tanggal 9 April 2006, Kaka mencetak hat-trick pertamanya bersama Milan ketika melawan Chievo. Di musim yang sama dia mencetak hat-trick pertamanya di Liga Champions dalam kemenangan 4–1 atas Anderlecht.

Kepindahan Shevchenko ke Chelsea pada musim 2006–2007 membuat Kaka memegang peranan penting dalam serangan Milan, di mana dia berganti-ganti posisi antara gelandang dan striker. Dia akhirnya berhasil mendapatkan gelar Liga Champions pertamanya saat Milan mengalahkan Liverpool pada 23 Mei 2007.

Pada tanggal 5 Oktober 2007, dia mendapat gelar FIFPro World Player of the Year pertamanya untuk musim 2006-2007. Pada tanggal 2 Desember 2007, dia juga memenangkan gelar Ballon d'Or pertamanya. Pada tanggal 13 Januari 2009, BBC melaporkan kalau Manchester City telah menawarnya sebesar 100 juta pounsterling. Direktur Milan, Umberto Gandini, hanya setuju berbicara kalau Kaka sendiri setuju bergabung dengan Manchester City. Akhirnya pada tanggal 19 Januari 2009, Berlusconi akhirnya mengumumkan kalau Manchester City telah mengakhiri penawarannya setelah berdiskusi dengan klub.

Pada tanggal 3 June 2009, Football Italia melaporkan presiden baru Real Madrid, Florentino Perez telah menawarkan 68,5 juta poundsterling untuk Kaka. Wakil Presiden Milan, Adriano Galliani, tidak membantahnya dan mengonfirmasi kalau ayah Kaka, Bosco Leite, telah ke Spanyol untuk bertemu dengan Perez.

Pada 8 Juni 2009, Kaka resmi menandatangani kontrak 6 tahun bersama Real Madrid dengan biaya transfer yang diperkirakan sebesar 56 juta poundsterling. Kaka menekankan alasan kepindahannya untuk membantu kondisi keuangan Milan dan Madrid adalah satu-satunya klub yang ingin Anda tuju jika dia pindah.

Kaka dipanggil untuk memperkuat Brasil di ajang FIFA World Youth Championship 2001. 7 bulan berikutnya, dia memulai debutnya untuk tim senior Brasil ketika pertandingan persahabatan melawan Bolivia pada tanggal 31 Januari 2002.

Gelandang
Nama Lengkap : Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro
Tempat Lahir : Funchal, Madeira, Portugal
Tanggal Lahir : 5 Pebruari 1985
Kebangsaan : Portugal
Posisi : Penyerang
Bermain di Klub : Real Madrid

Cristiano Ronaldo lahir di Funchal, Madeira, Portugal pada 5 Pebruari 1985. Pemain bernama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro itu memegang rekor sebagai pemain termahal di dunia ketika ditransfer Real Madrid dari Manchester United pada musim panas 2009 senilai 132 juta dolar atau lebih dari 1,3 triliun rupiah.

Pemain yang menjadi kapten timnas Portugal itu meraih masa keemasan ketika bergabung dengan Manchester United tahun 2003 dari klub profesional pertamanya di Portugal, Sporting Lisbon, yang menjadikannya pemain Portugal pertama di Old Trafford dengan transfer "hanya" 12,24 juta pounds.

Ronaldo yang awalnya memilih nomor punggu 28 di Manchester United tetapi diberi nomor 7 oleh Sir Alex Ferguson itu menjalani debutnya bagi Setan Merah di Premiership ketika menang 4-0 atas Bolton dan mencetak gol perdananya di Inggris ketika mengalahkan Portsmouth 3-0 pada 1 November 2003.

Ronaldo mencetak gol keseribu Premiership pada 29 Oktober 2005 saat kalah 1-4 dari Middlesbrough dan di tahun yang sama Ronaldo meraih gelar Pemain Muda Terbaik tahun 2005.

Pada bulan November dan Desember 2006, Ronaldo berturut-turut menerima penghargaan sebagai pemain terbaik Premiership yang menjadikannya pemain ketiga yang meraih rekor tersebut setelah Dennis Bergkamp tahun 1997 dan Robbie Fowler tahun 1996.

Ronaldo mencetak gol ke 50 bagi Manchester United pada 5 Mei 2007 saat menghadapi rival satu kota mereka, Manchester City. Pada tahun yang sama, Setan Merah meraih gelar juara Premiership pertama mereka dalam empat tahun terakhir dan Ronaldo kembali memenangkan gelar Pemain Muda Terbaik.

Rumor ketertarikan raksasa Spanyol, Real Madrid, pada Ronaldo pertama kali muncul pada akhir musim 2006-2007 dengan tawaran awal senilai 80 juta euro. Namun tawaran itu dimentahkan United dengan perpanjangan kontrak Ronaldo selama lima tahun degnan gaji senilai 120 ribu pounds per pekan.

Tahun 2007 menjadi awal Ronaldo mengukuhkan dirinya sebagai pemain terbaik di Inggris, Eropa, dan dunia dengan meraih beragam gelar, mulai Pemain Terbaik Premiership, Pemain Muda Terbaik, Pemain Terbaik Pilihan versi Pemain Profesional Inggris.

Pada tahun 2007, Ronaldo menjadi runnerup peraih Ballon d'Or (Pemain Terbaik Eropa) di bawah pemain AC Milan yang kelak menjadi rekan satu timnya di Real Madrid, Kaka. Ronaldo juga meraih penghargaan di tempat ketiga sebagai Pemain Terbaik FIFA setelah Kaka dan Lionel Messi.

Ronaldo mencetak hattrick pertamanya bagi Manchester United pada 12 Januari 2008 saat Setan Merah menggulung Newcastle United dengan skor 6-0.

Untuk pertama kalinya dalam karir bersama Manchester United, Ronaldo menjabat sebagai kapten pada 19 Maret 2008 saat mencetak dua gol kemenangan United atas Bolton. Gol keduanya merupakan gol ke 33 Ronaldo di semua kompetisi musim itu yang membuat Ronaldo melampaui rekor George Best dalam 40 tahun dengan total 32 gol musim 1967-1968. Produktivitas tinggi Ronaldo membuatnya meraih Sepatu Emas Eropa tahun 2008, unggul delapan gol dari striker Mallorca, Dani Guiza.

Total, Ronaldo mencetak 42 gol di semua kompetisi musim 2007-08 dan hanya terpaut empat gol dengan rekor Denis Law yang mencetak 46 gol musim 1963-64.

Gelar individual Ronaldo musim 2007-08 makin sempurna dengan prestasi Manchester United menjuarai Liga Champions dengan mengalahkan Chelsea pada final di Moscow. Ronaldo mencetak satu gol United ke gawang Petr Cech pada waktu normal sebelum Chelsea menyamakan kedudukan menjadi 1-1 hingga pertandingan berakhir dan United memastikan gelar juara melalui adu penalti.

Memasuki musim 2008, performa Ronaldo sedikit menurut karena selain didera cedera, rumor kepindahannya ke Real Madrid terus menggelinding bagai bola salju. Saling klaim dan serang di media antara Real Madrid dan Manchester United menjadi headline setiap media Inggris hampir sepanjang hari awal musim 2008-2009.

Pasca pulih dari cedera, Ronaldo masih menunjukkan ketajamannya untuk United, salah satunya dengan mencetak golnya yang ke 100 dan 101 saat menang 5-0 atas tim promosi, Stoke City. Ronaldo tercatat telah mencetak gol ke 19 kontestan Liga Inggris.

Pada 2 Desember 2008, Ronaldo menerima penghargaan Pemain Terbaik Eropa (Ballon d'Or) sebagai pemain pertama Manchester United yang menerimanya setelah George Best tahun 1968.

Ronaldo sempat mengalami kecelakaan ketika mengendarai mobilnya, Ferrari 599 GTB Fiorano, di sebuah terowongan dekat bandara Manchester, namun Ronaldo selamat dari kecelakaan tersebut dan hanya mengalami cedera ringan. Empat hari setelah kecelakaan tersebut, Ronaldo menjadi pemain pertama dalam sejarah Manchester United yang menjadi Pemain Terbaik Dunia versi FIFA dan menjadi pemain Portugal kedua setelah Luis Figo tahun 2001.

Pada second leg perempat final menghadapo Porto, Ronaldo mencetak gol dari jarak 40 meter yang disebut Ronaldo sebagai gol terbaik yang pernah dicetak sepanjang karirnya.

Di final Liga Champions 2008/09 menghadapi Barcelona di Olimpico, Roma, Ronaldo tampil under perform dan kalah 0-2. Pada bulan Juni 2009, Manchester United menerima tawaran sebesar 80 juta pounds dari Real Madrid setelah Ronaldo menyatakan keinginannya untuk meninggalkan klub.

Ketika meninggalkan United, Ronaldo berterima kasih kepada Sir Alex Ferguson dengan mengatakan, "Dia adalah ayahku di olah raga, salah satu faktor penting dan sangat berpengaruh dalam karirku,"

Pada 26 Juni 2009, Real Madrid resmi mengumumkan transfer Ronaldo dan diperkenalkan kepada publik di Santiago Barnebeu pada 6 Juli 2009 dengan kostum bernomor punggung 9 yang sebelumnya dikenakan pemain asal Argentina, Javier Saviola. Acara perkenalan Ronaldo dihadiri legenda hidup Madrid, Alfredo di Stefano, dan disambut oleh 80 ribu pendukung Los Merengues di Santiago Barnebu, melebihi rekor Diego Maradona di Napoli yang dihadidi 75 ribu pada tahun 1984.

Ronaldo mencetak gol pertama untuk Real Madrid di La Liga saat melakukan debut menghadapi Deportivo La Coruna dan mencetak dua gol bagi Real Madrid pada matchday pertama Liga Champions menghadapi FC Zurich.

Di tim nasional Portugal, Ronaldo melakukan debut saat menang 1-0 atas Kazakhstan, 20 Agustus 2003. Ronaldo tampil di Piala Eropa 2004 dengan mencetak dua gol di babak penyisihan grup dan semi final. Meski gagal membawa Portugal menjadi juara karena dikalahkan Yunani di final, Ronaldo tetap terpilih sebagai tim terbaik turnamen. Ronaldo juga tampil bersama Portugal di Olimpiade 2004.

Pada kualifikasi Piala Dunia 2006, Ronaldo merupakan pencetak gol terbanyak kedua dengan tujuh gol meski pada putaran final di Jerman Ronaldo hanya mencetak satu gol menghadapi Iran di titik penalti.

Ketika mengahadapi Inggris di perempat final, Ronaldo terlibat insiden dengan pemain Inggris yang merupakan rekan satu timnya di Manchester United, Wayne Rooney, dengan memprovokasi wasit Horacio Elizondo untuk memberi kartu merah kepada Rooney. Dari tayangan ulang, Ronaldo terlihat mengedipkan mata pada Rooney meski wasit mengklarifikasi bahwa kartu merah murni karena pelanggaran Rooney dan bukan karena intimidasi Ronaldo.

Insiden tersebut memancing kemarahan media Inggris dan membuat spekulasi kepindahan Cristiano Ronaldo ke Real Madrid. Dalam sebuah wawancara dengan harian ternama Spanyol, Marca, Ronaldo mengaku telah meminta kepada Manchester United untuk melepasnya ke Real Madrid.

Sehari setelah ulang tahunnya ke 22, Ronaldo untuk pertama kalinya Ronaldo menjabat sebagai kapten timnas Portugal pada pertandingan uji coba menghadapi Brazil, 6 Pebruari 2007. Sejak timnas Portugal dilatih oleh Carlos Queiroz pasca Piala Eropa 2008, Ronaldo selalu menjadi pilihan pertama sebagai kapten Seleccao das Quinas.

Pada kualifikasi Piala Eropa 2008, Ronaldo mencetak delapan gol yang membuatnya menjadi runner up pencetak gol terbanyak di bawah striker Polandia, Ebi Smolarek. Ketajaman Ronaldo di kualifikasi tidak berlanjut di putaran final ketika Portugal tersingkir di perempat final oleh Jerman.

Cedera saat memperkuat Real Madrid membuat Ronaldo absen memperkuat Portugal pada dua laga krusial playoff Piala Dunia Zona Eropa menghadapi Bosnia-Herzegovina. Namun meski tidak diperkuat Ronaldo, Portugal tetap memastikan diri lolos ke Afrika Selatan dengan skor agregat 2-0. Aksi-aksi Ronaldo pun kini ditunggu di Piala Dunia 2010.

Gelandang
Nama Lengkap : Steven George Gerrard
Tempat Lahir : Whiston, Inggris
Tanggal Lahir : 30 Mei 1980
Kebangsaan : Inggris
Posisi : Gelandang
Bermain di Klub : Liverpool

Steven George Gerrard (lahir di Whiston, Inggris, 30 Mei 1980; umur 29 tahun) adalah seorang pemain sepak bola asal Inggris. Pria beringgi tubuh 188 cm ini bermain di Liverpool F.C. sejak tahun 1997 (meskipun debut profesionalnya baru terjadi pada 19 November 1998) sebagai pemain pengganti Vegard Heggem pada babak kedua saat liverpool bertanding melawan Blackburn Rovers.

Walaupun ia berposisi sebagai gelandang di klub sepak bola tersebut, sebenarnya ia dapat bermain di posisi mana saja seperti penyerang, gelandang ataupun bek. Bisa dibilang pemain ini berposisi serba bisa kecuali posisi kiper sepertinya halnya legenda sepak bola Irlandia Utara dan Manchester United yaitu George Best.

Di klub berjuluk The Reds ini, Gerrard mengenakan nomor punggung 8 sekaligus memegang ban kapten. Bersama Xabi Alonso, Jamie Carragher, dan Sami Hyypia ia telah menyumbangkan beberapa gelar juara untuk klub dari kota pelabuhan tersebut. Ia juga sangat disegani oleh penggemar-penggemar klub yang bermarkas di stadion Anfield tersebut, rekan-rekan setim di klub maupun timnas Inggris serta masyarakat Inggris secara keseluruhan. Tahun 2006 ia terpilih sebagai pemain terbaik di Inggris oleh Asosiasi Pesepak Bola Profesional Inggris (PFA).

Di tim nasional sepak bola Inggris ia memulai debutnya pada tahun 2000 dan hingga saat ini telah tampil sebanyak 67 kali dan mencetak 13 gol.

Gerrard akrab disapa dengan panggilan Stevie G.

Steven Gerrard memiliki 2 orang anak perempuan bernama Lily Ella dan Lexie. Ia juga telah menikah dengan seorang wanita bernama Alex Curran pada musim panas 2007.

Gelandang
Nama Lengkap : Francesc Fabregas Soler
Tempat Lahir : Vilessoc de Mar, Spanyol
Tanggal Lahir : 04-05-1987
Kebangsaan : Spanyol
Posisi : Gelandang
Bermain di Klub : Arsenal

Francesc Fabregas merupakan putra dari seorang pemilik perusahaan properti dan pemilik perusahaan kue-kue kering. Sejak kecil, kehidupan Fabregas tidak pernah jauh dari bola. Barcelona merupakan klub yang didukung Fabregas kecil. Dia pertama kali menonton raksasa Catalan itu bermain bersama kakeknya.

Bersama Barcelona pula, Fabregas memulai karir sepak bolanya. Di tim yunior Barca, dia bermain sebagai gelandang bertahan. Walau demikian, Cesc juga dikenal sebagai pencetak gol yang handal.Bahkan,dia pernah mencetak 30 gol dalam satu musim.

Walau begitu, persaingan mendapat tempat di tim senior Barca sangat keras. Pada awalnya tinggal di ibukota London membuat dia susah untuk beradaptasi, tetapi kemudian dia mulai berteman dengan rekan satu timnya Philippe Senderos yang membantunya beradaptasi dengan kehidupan di London. Di usianya yang masih 16 tahun, Fabregas tidak pernah berpikir untuk masuk dalam tim inti tapi dia terus belajar dari seniornya, Patrick Vieira dan Gilberto Silva sambil mengkonsentrasikan dirinya dalam pelatihan dan belajar Bahasa Inggris.

Tidak lama kemudian, dia memulai debutnya pada tanggal 23 Oktober 2003 dalam pertandingan Piala Liga melawan Rotherham United. Dengan bermainnya dia di pertandingan tersebut, dia menjadi pemain Arsenal termuda dengan umur 16 tahun 177 hari. Dia kemudian menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Arsenal FC di pertandingan Piala Liga berikutnya, dia mencetak gol dalam jarak yang dekat yang membawa timnya menang dengan skor 5-1 atas Wolves.

Setelah kepergian Kapten Arsenal Patrick Vieira ke Juventus, Fabregas mulai bermain secara rutin di tim inti pada posisi gelandang bersama dengan Gilberto Silva. Setelah diwarisi nomor punggung 4 dari Vieira, Fabregas tampil 49 kali di semua kompetisi selama musim 2005-2006.

Meskipun usianya yang masih muda, penampilannya terus dicermati menyusul bertambahnya keterlibatan dia dalam tim inti. Lebih lanjut, karena Fabregas memiliki postur tubuh lebih kecil dan bermain tidak begitu agresif dibanding dengan Vieira, banyak yang meragukan kemampuannya untuk mengisi kekosongan yang ditinggal oleh Vieira.

Namun demikian, Fabregas menampilkan gaya permainannya sendiri dan mengesankan bagi para pengamat sepak bola dalam pertandingannya di Liga Champions melawan Real Madrid dan Juventus.

Dalam pertandingan melawan Juventus dia mencetak gol pertama dan memberikan umpan bola kepada Thierry Henry yang mencetak gol kedua,[8] pada saat yang sama Fabregas membuktikan bahwa dirinya dapat menghadapi permainan dan tackling keras gelandang seperti Vieira.

Gelandang
Nama Lengkap : Andrea Pirlo
Tempat Lahir : Flero, Lombardy, Italia
Tanggal Lahir : 19 Mei 1979
Kebangsaan : Italia
Posisi : Gelandang
Bermain di Klub : AC Milan

Andrea Pirlo lahir pada tanggal 19 Mei 1979 di Flero, Lombardy, Italia. Pemain berkebangsaan Italia ini menempati posisi pemain tengah.

Pirlo melakukan debut bersama Brescia ketika melawan Reggina pada tanggal 21 Mei 1995. Setelah berhasil menjadi pemain inti Brescia, dia menjadi incaran pelatih Inter Milan, Mircea Lucescu, yang akhirnya membelinya. Akan tetapi di musim pertamanya, Pirlo tidak berhasil masuk dalam tim inti, dan akhirnya dipinjamkan ke Reggina. Setelah musim yang menawan bersama Reggina, dia kembali ke Inter tetapi sekali lagi gagal menjadi pemain inti dan dipinjamkan lagi ke Brescia.

Setelah 3 musim bersama Inter, Pirlo akhirnya dijual ke AC Milan. Dengan AC Milan, dia benar-benar menemukan penampilan terbaiknya. Awalnya Pirlo memang bermain sebagai gelandang serang, sebelum akhirnya pelatih Carlo Ancelotti mengembangkannya menjadi seorang playmaker. Kerja samanya dengan Gennaro Gattuso memegang peranan penting bagi Milan.

Gelandang
Nama: David Robert Joseph Beckham
Kebangsaan: Ingris
Tempat Lahir: Leytonstone, London
Tanggal Lahir: 2 Mei 1975
Tinggi/Berat: 180 cm/68 kg
Status: Menikah
Istri: Victoria Beckham
Anak: Romeo dan Brooklyn
Klub: Manchester United
Debut MU: 23 September 1992 vs Brighton
Gol pertama di MU: Desember 1994 vs Galatasaray
Debut Tim Nasional: 1 September 1996 vs Moldova
Jumlah penampilan: 53 (Desember 2002)
Jumlah gol: 8 gol (Desember 2002)

Striker
Nama lengkap : Andriy Mykolayovych Shevchenko
Tanggal lahir : 29 September 1976 (umur 32)
Tempat lahir : Dvirkivschyna, Ukraina
Tinggi : 183 cm
Posisi bermain : Striker
Klub saat ini : Dinamo Kiev

Klub junior
1986-1994 Dynamo Kyiv

Klub senior
Tahun Klub Tampil (Gol)
1994-1999 Dynamo Kyiv 117 (60)
1999-2006 A.C. Milan 208 (127)
2006-2008 Chelsea 47 (9)
2008- 2009 A.C. Milan
2009-........ Dinamo Kiev

Tim nasional
1994-1995 Ukraina U-18 8 (5)
1994-1995 Ukraina U-21 7 (6)
1995- Ukraina 82 (37)

Striker
Nama Lengkap : Wayne Mark Rooney
Tempat Lahir : Croxteth, Liverpool, Inggris
Tanggal Lahir : 24-10-1985
Kebangsaan : Inggris
Posisi : Penyerang
Bermain di Klub : Manchester United

Rooney memulai karirnya bersama klub Everton, bergabung dengan tim muda mereka pada usia sepuluh tahun dan kemudian terus naik pangkat setelah itu.

Dia membuat debut profesional pada tahun 2002 dan gol pertamanya membuatnya menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Premier pada saat itu.

Dia bisa dengan cepat menjadi bagian dari tim utama Everton, menghabiskan dua musim di klub Merseyside.

Sebelum awal Musim 2004-05 ia pindah ke Manchester United seharga £ 25.6 juta dan menjadi pemain kunci tim utama mereka.

Sejak itu, ia telah memenangkan Liga Premier sebanyak tiga kali, Liga Champions musim 2007-08 dan juga Piala Liga.

Rooney membuat debut tim nasional Inggris pada tahun 2003 dan di Euro 2004 dia menjadi pencetak gol termuda di kompetisi tersebut.

Dia sering dipilih untuk masuk timnas Inggris dan juga tampil di Piala Dunia 2006.

Striker
Nama Lengkap : Lionel Andres Messi
Tempat Lahir : Rosario, Argentina
Tanggal Lahir : 24 Juni 1987
Kebangsaan : Argentina
Posisi : Penyerang
Bermain di Klub : Barcelona

Lionel Andres Messi lahir di Rosario, Argentina, pada 24 Juni 1987. Pemain tim nasional Argentina bertinggi 169 cm itu saat ini bermain di La Liga bersama Barcelona. Di usianya yang masih 21 tahun, Messi dianggap sebagai salah satu talenta terbaik Argentina.

Mantan pemain legendaris sekaligus pelatih tim nasional Argentina, Diego Maradona, mengatakan bahwa Messi adalah suksesor dirinya. Messi sendiri kerap dibanding-bandingkan dengan pemain yang membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 1986 itu.

Messi mengawali karir sepak bola profesional pertamanya bersama Barcelona setelah sebelumnya sempat bergabung dengan tim junior Newell's Old Boys.

Debut Messi bersama Barcelona adalah pada musim 2004-2005 dan mencatat rekor sebagai pemain paling muda yang bermain dan mencetak gol di La Liga.

Pada musim pertamanya di Barcelona, Messi turut mengantar El Barca menjuarai La Liga, dan musim berikutnya meraih gelar ganda yaitu La Liga dan Liga Champions. Pada musim 2006-2007, Messi mencetak hattrick ke gawang Real Madrid pada pertandingan 'el classico' dan mencetak 14 gol dalam 26 pertandingan.

Di tim nasional Argentina, Messi memenangi gelar juara Piala Dunia Junior 2005 dan pada 2008 menjuarai Olimpiade di Beijing. Bersama Tim Tango senior, Messi melakoni debutnya pada 17 Agustus 2005 saat berusia 18 tahun 54 hari.

Striker
Siapa yang tak kenal dengan David Villa? Striker yang melambung namanya kala menjadi pencetak gol terbanyak di ajang Piala Eropa 2008 lalu.
Usai Euro 2008 David Villa langsung menjadi incaran klub-klub besar Eropa macam Manchester United, Arsenal, Chelsea, Manchester City, Barcelona dan Real Madrid. Tentu tawaran yang sangat sulit untuk ditolak oleh seorang pemain bila dirinya diminati oleh klub yang lebih besar daripada klub yang sedang dibelanya saat ini. Iming-iming bayaran dan gaji yang berlipat-lipat juga menjadi faktor “x” yang paling berpengaruh terhadap kesetiaan pemain pada klub.
Tapi materi dan melimpahnya tawaran gaji yang ditawarkan tidak dapat mempengaruhi keputusan seorang David Villa untuk tetap bertahan bersama Valencia. Tekad dalam dirinya sudah tertancap kuat untuk membantu Valencia, klub yang telah membesarkan namanya, untuk meraih prestasi tertinggi baik di kompetisi lokal maupun di ajang Eropa.
Sungguh beruntung manajemen Valencia merekrut seorang pemain yang loyalitasnya begitu tinggi. Padahal di luar sana begitu banyak pemain yang hanya karena bayaran gaji yang lebih besar, dengan mudahnya berpindah klub. Memang suatu hal yang wajar bila seorang pemain ingin mendapat materi yang lebih. Tapi ternyata tidak selamanya keputusan pindah klub karena faktor materi ini memberi efek yang positif pada pemain yang bersangkutan.
Lihat saja bagaimana terpuruknya karir Andriy Shevchenko yang memutuskan hengkang dari San Siro Milan ke Stamford Bridge Chelsea. Bagaimana pula nasib Michael Owen kala hijrah dari Liverpool menuju Santiago Bernabeu nya Real Madrid?
Namun kini David Villa sedang menghadapi dilema. Kondisi keuangan klub yang dililit banyak hutang menyebabkan namanya harus tercantum dalam daftar pemain yang siap dijual.
Lagi-lagi sikap loyalitas David Villa patut untuk menjadi teladan bagi pemain-pemain bola lainnya. Ia menyatakan siap untuk bertahan dan siap pula untuk dijual ke klub lain bila seandainya hal itu dapat membantu klub keluar dari lilitan hutang.
Salut buat David Villa…

Berikut ini biodata singkat dari David Villa :
Nama : David Villa
Tempat Tanggal Lahir : Spanyol, 3 Desember 1981
Umur : 27 tahun
Tinggi : 175 cm
Berat : 69 kg
Nomor Punggung : 7
Statistik di kancah La Liga (hingga tulisan ini dibuat) :
Main : 17 kali
Gol : 13 gol
Assist : 3

Incoming search terms for the article:
biodata david villa
biografi david villa
nomor punggung david villa
david villa biodata
no punggung david villa
david villa
davit villa
nama lengkap david villa
data diri david villa
tanggal lahir david villa

Related posts:
David Villa Diperebutkan Barcelona, MU dan City
David Villa Datang, Ibra Hengkang?
David Villa Anggap Chile Tim Yang Berbahaya
David Villa Merasa Bangga Bergabung Dengan Barcelona
David Villa: Chili Tim Yang Aktif dan Agresif

Tidak ada komentar: